Cegah Covid-19, Prabowo Disebut Minum Obat Cacing Rutin

Cegah Covid-19, Prabowo Disebut Minum Obat Cacing Rutin

JAKARTA - Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto disebut-sebut minum ivermectin yang merupakan obat cacing sebagai pencegahan covid 19.

Hal itu diungkapkan Vice President PT Harsen Laboratories, Sofia Koswara. Disebutkan bahwa Prabowo mengonsumsi obat tersebut selama 4 bulan terakhir.

Sofia mengatakan penggunaan Ivermectin pada Prabowo itu atas rekomendasi dari Staf Khusus dan Dokter Pribadi Menhan Prabowo, Benny Octavianus.

Ia sekaligus menjelaskan bahwa Ivermectin tak hanya memiliki fungsi sebagai media pengobatan pasien terpapar virus corona (covid-19).

Obat tersebut, juga bakal direkomendasikan menjadi profilaksis covid-19 alias obat pencegahan covid-19 bagi masyarakat umum.

\"Dokter sudah memberi pasiennya yang tercinta pak Menhan Prabowo dengan Ivermectin untuk pencegahan selama empat bulan terakhir ini,\" kata Sofia dalam acara daring, Senin (28/6).

Hingga kini, belum ada komentar atau tanggapan dari Prabowo Subianto maupun Benny Octavianus tentang pernyataan Sofia.

Sementara itu, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyebut, banyak negara memakai Ivermectin untuk penanganan pandemi covid-19. Salah satunya termasuk India.

\"India juga pada saat masa periode intensitas tinggi mereka gunakan Ivermectin. Hingga mereda, mereka mulai tidak menggunakan lagi,\" kata Kepala BPOM Penny Lukito melalui konferensi pers yang disiarkan di Youtube Badan POM RI.

Selain India, kata dia, Ivermectin juga digunakan di Peru, Slovakia dan Ceko untuk pasien covid-19 bersamaan dengan jalannya uji klinik.

Penny menjelaskan uji klinik penggunaan Ivermectin untuk covid-19 akan dilakukan selama tiga bulan di delapan rumah sakit di beberapa daerah.

Uji klinik dilakukan untuk mencari bukti efektivitas obat untuk menyembuhkan covid-19. (yud)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: